DISTRIBUTOR WARING IKAN

Menyediakan berbagai macam waring ikan, waring pagar, waring hitam, waring keramba, benang single, benang double, waring TL, Waring RK, dll.

PLASTIK PERTANIAN
Menyediakan: Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, dll.
Hub. 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 (SMS/Call/WA)

Mengenal Lebih Dekat Ikan Cakalang

Mengenal Lebih Dekat Ikan Cakalang - Hallo sahabat Jual Waring Ikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengenal Lebih Dekat Ikan Cakalang, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Budidaya Ikan, Artikel Ikan Cakalang, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengenal Lebih Dekat Ikan Cakalang
link : Mengenal Lebih Dekat Ikan Cakalang

Baca juga


Mengenal Lebih Dekat Ikan Cakalang

Budidaya Ikan Cakalang
Mengenal Lebih Dekat Ikan Cakalang - Ikan Cakalang ialah ikan yg berukuran menengah dari keluarga Skombride (tuna). Satu-satunya spesies dari genus Katsuwonus. Cakalang terbesar, panjang tubuhnya bisa mencapai 1 m dengan berat lebih dari 18 kg. Cakalang yang banyak tertangkap berukuran panjang sekitar 50 cm. Nama-nama lainnya di antaranya cakalan, cakang, kausa, kambojo, karamojo, turingan, dan ada pula yang menyebutnya tongkol. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai skipjack tuna.

Bodynya berbentuk panjang dan agak bundar (fusiform), dengan dua sirip punggung yang terpisah. Sirip punggung pertama terdiri dari XIV-XVI jari-jari tajam. Sirip punggung kedua yang terdiri dari 14-15 jari-jari lunak, diikuti oleh 7-9 sirip tambahan berukuran kecil (finlet). Sirip dubur berjumlah 14-15 jari-jari, diikuti oleh 7-8 finlet. Sirip dada pendek, dengan 26-27 jari-jari lunak. Di antara sirip tubuh bagian perut ada 2 lipatan kulit yang disebut taju interpelvis. Busur (lengkung) insang terdepan mempunyai 53-63 sisir saring.

Bagian punggung berwarna biru keungu-unguan hingga gelap. Bagian perut dan bagian bawah berwarna keperakan, dengan 4 hingga 6 garis-garis berwarna hitam yang memanjang di samping badan. Tubuh tanpa sisik kecuali pada bagian barut badan (corselet) dan gurat sisi. Pada kedua sisi batang ekor terdapat sebuah lunas pinggir yang kokoh, keduanya diapit oleh dua lunas yang lebih kecil.

Gerombolan Ikan Cakalang
Cakalang dikenal sebagai perenang cepat di laut zona pelagik. Ikan ini umum dijumpai di laut tropis dan subtropis di Samudra Hindia, Samudra Pasifik, dan Samudra Atlantik. Cakalang tidak ditemukan di utara Laut Tengah. Hidup bergerombol dalam habitatnya berjumlah besar (sampai 50 ribu ekor ikan). Makanan nya seperti ikan, krustasea, cephalopoda, dan moluska. Cakalang adalah mangsa penting bagi ikan-ikan besar di zona pelagik, termasuk hiu.

Cakalang Fufu
Ikan cakalang adalah ikan bernilai komersial tinggi, dan dijual dalam bentuk segar, beku, atau diproses sebagai ikan kaleng, ikan kering, atau ikan asap. Dalam bahasa Jepang, cakalang disebut katsuo. Ikan cakalang diproses untuk dibikin katsuobushi yang adalah bahan utama dashi (kaldu ikan) untuk masakan Jepang. Di Manado dan Maluku, ikan cakalang diawetkan dengan tata cara pengasapan, disebut cakalang fufu (cakalang asap). Adapun, cakalang dibudidayakan sebagai salah satu sumber bagi masyarakat juga sumber devisa negara. Cakalang ialah merupakan asal dari protein hewani dengan mengandung omega-3 yang dibutuhkan tubuh.Termasuk komoditas yang dapat diekspor (exportable), cakalang turut berperan dalam ekonomi Indonesia. Sumberdaya cakalang digunakankan oleh golongan menengah ke atas.

Cakalang -juga tuna- bisa ditangkap dari kedalaman 0-400 m. Salinitas yang disukai adalah 32-35 ppt atau di perairan oseanik. Suhu perairan yang disukai berkisar 17-31°C.

Demikian artikel untuk pembahasan tentang Mengenal Lebih Dekat Ikan Cakalang, semoga bermanfaat. Jangan lupa sering - sering berkunjung di blog ini agar memperoleh info - info terkini tentang dunia perikanan.



Demikianlah Artikel Mengenal Lebih Dekat Ikan Cakalang

Sekianlah artikel Mengenal Lebih Dekat Ikan Cakalang kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengenal Lebih Dekat Ikan Cakalang dengan alamat link https://waringikan77.blogspot.com/2018/06/mengenal-lebih-dekat-ikan-cakalang.html

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat Ikan Cakalang"

Posting Komentar